ALT

Panduan membeli printer untuk rumahan.Banyak kegiatan dirumah yang membutuhkan printer, untuk mencetak foto, dokumen, resep, surat dan
lain-lain. Karena itu perlu ada panduan yang tepat untuk memilih dan membeli printer rumah yang cocok dengan kebutuhan kita.. Kebutuhan akan printer sekarang sudah mampu menyetuh pasar konsumen untuk kelas home printing. Oleh karena itu beberapa pabrikan printer mungkin memunculkan seri printer yang bisa mengakomodasi kegiatan dirumah. Selain itu intensitas kompetisi yang tinggi dari para vendor-vendor printer seperti HP, Epson, Canon dan yang lainya telah mampu untuk menekan biaya yang akan kita keluarkan untuk membelinya, bayangkan saja saat ini kita dapat dengan mudah keluar dari toko atau bahkan supermarket dengan membeli sebuah printer baru seharga Rp 500.000 atau bahkan kurang dari itu.

Dengan penjelasan yang ada seperti diatas, akan ada banyak pilihan printer saat ini terutama dengan banyaknya ketentuan yang dicari. Ini dia penjelasan dari kami mengenai tips memilih dan membeli printer untuk dirumah yang baik sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

Printer Laser vs Printer Inkjet
Pertanyaan pertama bagi semua orang yang ingin membeli printer rumah adalah digunakan untuk apa dan seberapa banyak anda akan mencetak dengan menggunakan printer anda nantinya.

Printer Inkjet merupakan printer yang paling banyak terdapat dipasaran. Sebenarnya alasannya simple, dengan memilih printer inkjet kita bisa mencetak apapun termasuk esai, table, atau bahkan foto. Tetapi mencetak tulisan dengan menggunakan printer inkjet tidak selalu menghasilkan tulisan yang tajam seperti printer laser. Biasanya printer inkjet kecepatan print-nya lebih lambat dan dibeberapa kasus printer inkjet membutuhkan dana lebih untuk perawatannya.

Laser printer menduduki tempat utama dalam perkantoran dikarenakan dengan menggunakan printer laser ini kita bisa mencetak banyak dokumen secara cepat, tepat dan dan murah. Selain hasilnya yang lebih tajam daripada printer inkjet, hasil printout dari printer laser tidak akan basah atau kotor. Harga printer laser saat ini juga sudah bisa terjangkau untuk konsumen yang ingin menggunakannya di rumah, tapi mungkin biaya untuk penggantian color laser toner-nya masih sangat mahal, mungkin hal inilah yang membuat printer laser merupakan pilihan yang bisa saja buruk untuk penggunaan di rumah.

Jika anda mencetak novel atau pekerjaan rumah yang sangat banyak, inkjet printer bisa jadi pilihan yang baik dikarenakan fleksibilitasnya. Tetapi jika anda ingin mencetak banyak halaman dengan cepat, printer laser bisa jadi pilihan anda. Printer laser merupakan printer premium dalam segi harga meskipun banyak fitur yang hampir sama dengan yang dimiliki printer inkjet, namun printer laser dilengkapi dengan fungsi yang lebih kompleks seperti duplexing (cetak 2 sisi). Printer inkjet yang saat ini telah dilengkapi dengan kapasitas cartridge yang lebih besar mampu membuat biaya pengeluaran untuk mencetak berkurang. Hal tersebut mungkin bisa menjadi pertimbangan kita dalam memilih printer untuk digunakan dirumah, selain itu printer inkjet telah bertambah cepat beberapa tahun belakangan ini, sepertinya inilah faktor yang memaksa vendor printer laser untuk menurunkan harganya secara perlahan.

All-In-One Printer?
Baik printer laser maupun inkjet tersedia dengan menggunakan scanner yang terletak diatas unitnya, dengan begitu membuat printer menjadi mesin all-in-one (printer, foto copy, scanner dan mungkin fax). Meskipun nantinya anda tidak menggunakan semua fungsinya, membeli all-in-one printer untuk keperluan di rumah memberikan banyak arti, tidak hanya karena printer all-in-one ini lebih murah ketimbang membeli printer dan scanner secara terpisah tapi juga mampu menghemat ruang didalam rumah anda.

Semenjak printer all-in-one sudah sangat familiar dan bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah, kamu sangat menyarankan untuk membeli printer all-in-one.

Photo Printer
Jika anda lebih tertarik menggunakan printer anda untuk mencetak foto dibanding untuk mencetak dokumen dan tabel, bisa di pertimbangkan untuk membeli photo printer. Meskipun printer photo perlu tempat yang lebih luas dan kurang fleksibel dalam multitasking, namun kualitas dari hasil print-nya jauh lebih baik ketimbang printer biasa. Harga yang harus dibayar demi kenyamanan ini adalah setara dengan hasil cetakannya. Printer foto ini kebanyakan lebih mahal daripada printer biasa. Jadi jika Anda banyak mencetak foto, Anda bisa memilih photo printer untuk dirumah.

Pengeluaran Tambahan
Inilah yang menjadi salah satu hal yang wajib anda perhatikan dalam pembelian printer, banyak perusahaan printer memberikan harga yang mungkin kelewatan murah, hal ini tentu saja memiliki dampak tersendiri bagi pembelinya, entah itu nantinya cartridge yang cepat rusak, tinta yang jelek atau bahkan hasil print yang kurang bagus.

Sebaiknya anda melakukan pengamatan terlebih dahulu tentang pengeluaran tambahan yang mungkin terjadi saat anda membeli printer untuk dirumah. Jika anda menggunakannya dengan sering dan kurang tanggap dalam pengisiannya maka kami sarankan untuk membeli printer dengan harga yang sedikit lebih mahal dikarenakan anda tidak perlu sering mengganti cartridge, kecenderungan printer murah cartridge-nya lebih cepat kering. Selain itu lihatlah kemungkinan untuk melakukan isi ulang pada cartridge anda, saat ini kebanyakan vendor printer meletakan chip kecil dan menggunakan tinta khusus. Chip tersebut bisa mendeteksi penggunaan tinta dari pemiliknya, apabila tidak sesuai dengan tinta yang harusnya digunakan maka kemungkinan terburuknya adalah rusaknya cartridge anda. Hal ini juga membuat anda akan rugi besar jika anda harus mengganti cartridge-nya.

Duplexing Technology
Salah satu fitur yang mungkin sekarang ini sedang booming adalah duplexing dan bisa jadi duplexing merupakan pertimbangan yang sangat bagus untuk pembelian printer. Duplexing mampu untuk mencetak atau melakukan scanning maupun printing kedua sisi dari halaman tanpa meminta anda untuk membalikan secara manual. Dalam printer, duplexing dilakukan dengan cara mencetak page pertama lalu di keluarkan sekaligus dibalik lalu di cetak halaman berikutnya.

Banyak all-in-one device dengan teknologi Automatic Document Feeder (ADF) untuk scanner memiliki fitur duplexing, melakukan scanning di kedua sisi dari dokukmen dengan menggunakan teknologi ADF. Sebuah perangkat all-in-one tanpa teknologi ADF tidak dapat melakukan scan dengan cara duplex.

Duplex scanning memberikan kenyamanan lebih bagi anda yang lebih banyak melakukan scanning 2 page langsung dan sepertinya saat ini duplex printing menjadi keharusan, hal ini mampu membantu anda menghemat kertas ketika mencetak dokumen menjadi 1 halaman dengan 1 kertas tidak lagi penting dan efisien.

Koneksi Ke Jaringan
Saat ini, kebanyakan printer menawarkan berbagai opsi konektivitas. USB mungkin telah bertahun-tahun menjadi standar bagi printer dan setiap komputer di abad 21 ini. Karena USB kebanyakan tidak seberapa panjang dan menggunakan koneksi langsung maka printer harus berada setidaknya dekat dengan PC atau laptop anda.

Tapi sekarang banyak printer baru bermunculan dengan konektivitas yang baru via network/wireless. Hal ini menjadi sangat layak untuk penggunaan dirumah agar penggunaan printer tidak terpaku dalam 1 tempat saja, melainkan kita bisa melakukan print dimanapun selama masih dalam area Wi-Fi tersebut. Selain itu Wi-Fi juga bisa digunakan untuk mencetak hanya dengan smartphones, tablet atau mungkin dengan digital camera dengan memilih printer yang mensupport printing dengan mobile device, seperti Appleā€™s AirPrint protocol.

PictBridge Technology
Jika anda merencanakan untuk mencetak banyak foto dirumah anda nantinya, pertimbangkan untuk membeli printer yang memiliki fasilitas built-in memory slot, Bluetooth capability (ini jarang), PictBridge atau cloud-base support. Semua teknologi ini membuat anda mudah untuk mencetak foto langsung dari kamera atau smart device ketimbang harus melakukan transfer terlebih dahulu ke komputer lalu mengeksekusinya di komputer tersebut. Kartu memori bisa dikeluarkan dari kamera dan dimasukan kedalam slot yang terdapat pada printer.

PictBridge memperbolehkan kamera untuk terhubung secara langsung ke printer dengan cara menyambungkannya menggunakan USB kabel. Untuk fasilitas cloud-based connectivity memungkinkan anda untuk mengirim ke dalam penyimpanan cloud anda seperti Dropbox, OneDrive, Google Cloud Print dan sebagainya.

Paper Handling
Setiap printer mungkin hanya memiliki satu paper tray untuk kertas dengan ukuran 8.5 x 11 inchi yang bisa digunakan sebagai kertas persiapan sebelum dilakukan print. Tetapi saat ini banyak printer yang menawarkan paper handling yang sudah sangat maju, bahkan bisa sampai 250 lembar kertas. Dengan fasilitas ini anda mungkin hanya melakukan pengisian 2 kali sebulan itu pun jika anda sering melakukan aktivitas printing.

Speed, Resolusi dan Pewarnaan
Dari sekian banyak yang perlu diperhatikan dalam memilih printer untuk dirumah adalah kecepatan cetak (printing speed), resolusi (printing resolution) dan warna (colour) juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Printing speed yang tinggi biasanya berbanding terbalik dengan warna dan resolusi yang dihasilkan. Tetapi saat ini secara perlahan dan pasti ketiga fitur ini mampu saling berdiri sejajar tanpa mengesampingkan yang lainnya.

Banyak sekali memang penjelasan untuk memilih printer untuk dirumah, tentunya tidak semua penjelasan harus anda masukan dalam kriteria pembelian printer anda nantinya. Semoga dengan semua pertimbangan yang ada pada panduan membeli printer untuk dirumah, diharapkan mampu membantu anda dalam memilih printer yang sesuai dengan penggunaan anda dirumah nantinya.