ALT

CARA UMUM MENGGANTI CATRIDGE PRINTER HP Printer merk Hewlett-Packard atau HP termasuk populer di masyarakat. Selain harganya terjangkau, kualitas dari printer HP ini cukup bisa diandalkan. Namun ternyata, masih banyak orang yang kebingungan untuk mengganti tinta printer. Berikut akan kami bantu mengenai cara mengganti tinta printer terutama untuk merk HP. Cara ini bisa digunakan di banyak seri printer HP.

Siapkan beberapa benda penting seperti tisu, mangkok kecil atau pakai tatakan gelas, tinta isi ulangnya, air hangat, dan cartridge yang ingin anda isi. Tisu disini digunakan untuk membersihkan tinta yang meluber sekaligus bisa juga untuk mengetes penyerapan cartridge.

Jangan isi cartridge terlalu penuh. Idealnya, isi dengan 1 suntikan saja, atau sekitar sepertiga dari 10cc isi tinta yang anda beli. Tujuannya agar tinta tidak meluber atau menetes kemana-mana. Memang anda akhirnya harus mengisi lebih sering, namun hasil yang diterima akan lebih maksimal.

Apabila dalam cartridge yang sudah lama tidak digunakan, apalagi sudah tidak digunakan lebih dari 2 minggu, anda akan menemukan banyak tinta mengering di bagian lubang keluarnya tinta. Apabila dibiarkan, hal ini berpotensi menyebabkan printer anda rusak. Bersihkan kotoran tersebut dengan cara mencairkannya dengan air hangat dan mengelapnya dengan tisu.

Untuk mengetes apakah anda telah mengganti cartridge dengan benar, cetak dokumen dengan gambar berwarna kuning, merah dan biru, serta sebuah gambar bebas. Apabila sudah sempurna tanpa garis-garis, berarti anda sudah berhasil menggantinya. Apabila anda masih melihat banyak garis, maka bersihkan cartridge tersebut dengna tisu dan air hangat seperti cara di atas.