ALT

Berikut tips dari indahjayatinta.com bagaimana cara merawat printer agar awet, untuk printer canon.

1. Printer minimal 2 hari sekali harus digunakan (print semua warna). Sebenarnya tidak ada ketentuan harus berapa hari sekali untuk mencetak. Untuk printer canon jangan terlalu lama didiamkan tanpa digunakan untuk mencetak. Semua juga tergantung jenis dan merk tinta yang digunakan.

2. Bila mencetak gambar full color, gunakan settingan best/high/photo.

3. Bila hasil cetakan putus-putus/garis-garis, lakukan proses cleaning/deep cleaning melalui aplikasi bawaan printer.

4. Bila mencetak gambar full color dalam jumlah banyak, usahakan setiap mencetak 2 lembar gambar istirahat 1 menit (lebih lama lebih bagus). Bila mencetak teks dalam jumlah banyak, usahakan setiap mencetak 25 lembar teks istirahat 1 menit (lebih lama lebih bagus). Untuk menjaga keawetan head cartridge printer. Cartridge printer Canon mudah sekali buntu/rusak, lebih-lebih terutama cartridge warnanya. Sebenarnya tidak ada ketentuan berapa lama printer harus istirahat saat printer untuk mencetak dalam jumlah banyak, namun tips ini berdasarkan pengalaman berapa idealnya printer diistirahatkan saat untuk mencetak dalam jumlah banyak. Namun ini juga tergantung jenis dan merk tinta yang digunakan.

5. Untuk printer infus, sebelum menyalakan printer, bukalah lubang kecil dan tutuplah lubang besar pada tabung tinta.

6. Untuk printer infus, jika memindahkan/membawa printer, tutuplah semua lubang pada tabung tinta.

7. Jika kertas paper jam atau kertas nyangkut, untuk mengambilnya jangan langsung menarik kertas dari atas, akan menyebabkan roll patah. Caranya matikan printer, kemudian tariklah kertas dengan hati-hati dari bawah.

8. Jika printer berada diruangan yang banyak debu, tutuplah printer dengan kain jika tidak digunakan. Terutama debu yang berkumpul pada lubang tabung tinta infus, akan mudah masuk bercampur tinta menyebabkan head buntu.

TIPS AGAR HEAD CARTRIDGE AWET

A. Agar head awet atau tidak mudah rusak :

– jangan sembarangan memilih tinta, belum tentu tinta dengan merk terkenal bagus untuk head printer. Dari pengalaman permasalahan Head Buntu atau hasil cetak bergaris, sering terjadi akibat pemilihan tinta yang salah.
– Gunakan printer minimal 2 hari sekali untuk mencetak semua warna, untuk mencegah head buntu akibat tinta yang mengering
– Tutuplah printer dengan kain jika tidak digunakan, terutama pada yang diinfus. agar lubang disekitar tabung infus tadi tidak ada debunya.
– saat mencetak gambar full color, gunakan best/high/photo
– setiap mencetak 25 lembar hitam putih, istirahatkan printer kira-kira sekitar 1 menit. kemudian baru lanjutkan untuk mencetak. agar hed catridge tidak overheat.
– setiap mencetak 4 lembar gambar full color, istirahatkan printer kira kira selama 1 menit. kemudian lanjutkan untuk mencetak, agar catridge tidak overheat.
– Hati-hati saat memegang catridge, jangan menyentuh logam nozzle head catridge, jangan sampai menyentuh, jangan sampai terjatuh atau tergores.

B.Agar chip cadtride awet atau tidak mudah rusak :

– jangan menyentuh bagian tembaga chip catridge
– jangan sampai bagian tembaga chip catridge terkena air atau tinta, akan menyebabkan konsleting
– jangan sampai bagian tembaga chip catridge kotor.

demikian info dari indahjayatinta.com semoga bermanfaat.